04/04/16

Variasi Kode Akibat Strata Sosial dan Geografis

Variasi kode muncul karena tujuan tertentu dari pembicara seperti alasan prestis dan dengan siapa berbicara. Selain itu, jika suatu daerah tertentu terdiri dari masyarkat yang heterogen misal daerah tujuan transmigrasi di Kalimantan juga akan menimbulkan variasi kode.

Variasi apa yang timbul akibat strata sosial

Variasi bahasa yang timbul karena strata sosial dapat sebabkan oleh latar belakang penutur, gender, usia, pekerjaan, pendidikan, dan  agama yang digunakan untuk berintraksi dengan lawan tutur. Setiap tuturan akan mencerimkan latar belakang sosialnya sesuai dengan kelompok penutur tersebut. Jenis variasi akibat stara sosial antara lain akrolek, bisolek, dan vulgar.

Variasi apa yang timbul akibat letak geografis

Akibat letek geografis maka akan dimungkinkan timbulnya dialek dari kelompok masyarkat tertentu. Letak geografis juga akan membedakan tinggi rendahnya nada, dialek, logat, dan kosa kata yang berbeda dalam menyebutkan kata benda. Salin itu juga dapat menimbulkan bahasa baru yang tadinya sama akan tetapi dalam perkembanganya atau ada perubahan sehingga ke arah yang berbeda. Hal ini disebabkankan karena perbedaan letak geografis juga akan menimbulkan perbedaan jenis pekerjaan, sosial budaya, keadaan dan tututan. Perbedaan ini dapat terlihat pada intraksi sosial masyarakat desa dan kota, masyarkat pengunungan dan pantai, petani dan buruh pabrik, dan lainya.

Sumber: http://linguistikid.com/variasi-kode-strata-sosial-geografis/

0 comments:

Posting Komentar

 

Facebook

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner